Pages

Wednesday, January 29, 2014

Uniknya sifat dan watak orang-orang korea.


Tinggal lebih dari satu tahun di Korea Selatan membuatku sedikit paham dan mengerti mengenai watak dan sifat orang korea. Beberapa ciri khas orang-orang korea yang saya akan bahas disini adalah berdasarkan yang saya amati. Jika terdapat ketidak-akuratan informasi lebih dan kurangnya mohon maaf. Karena tidak semua orang korea memiliki karakter seperti yang akan saya sebutkan.

Beberapa orang korea yang saya amati, hampir semuanya memiliki kesamaan sifat, watak dan karakter. Diantaranya:

- Disiplin
Korea dikenal sebagai negara maju, industrinya berkembang pesat dan orang-orangnya pun disiplin hebat. Orang-orangnya pekerja keras, dan sangat memperhatikan waktu. Jika Jepang toleransi waktu keterlambatannya sekitar satu menit, korea memiliki toleransi sekitar 2 menit. Informasi ini berdasarkan pengamatan, dan pengalaman dari teman yang sudah pernah tinggal di korea dan jepang.

- Takut dan hormat pada aturan
Jika kita memiliki banyak kemacetan lalulintas, maka lain halnya dengan korea yang hampir tidak ada kemacetan, walaupun padat kendaraan secara keseluruhan bisa dibilang relatif lancar. Itu yang saya amati di Busan. Namun ada kejadian unik, di kota lain yang jumlah kendaraannya sangat jarang, saat lampu merah menyala mobil yang hanya ada satu, dikarenakan kota yang aku datangi sepi, saat itu berhenti. Padahal tidak ada orang yang menyebrang dan tidak ada kendaraan lain, polisi pun tidak ada. Dan tidak hanya saat itu saja, hampir semua seperti itu di korea selatan. Walau ada saja beberapa yang menerobos, namun hanya sebagian kecil dan sangat jarang.
Dalam dunia bekerja pun mereka begitu, sangat taat pada aturan.

- Individual
Orang-orang disini memang kebanyakan individual dan tidak terlalu mengurusi urusan orang lain. Bukan berarti mereka terlalu cuek dan tidak ramah, hanya saja mereka individualistis, namun disisi lain mereka menghormati urusan orang lain. 

- Senioritas 
Senioritas memang sangat kental disini, mulai dari bahasa yang digunakan untuk orang yang lebih tua yang dibedakan, hingga nurut pada perintah yang diberikan orang yang lebih tua. Tua disini dibedakan berdasarkan umur pada umumnya.
Hal yang unik dari negara ini adalah diwajibkannya setiap pria untuk wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. Disinilah (mungkin) awal mulanya senioritas itu berasal, hingga para orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk berlaku lebih hormat pada orang yang lebih tua. Dan memang seharusnya ini dilakukan oleh siapa saja dan di negara mana saja. Bedanya senioritas disini sangat kuat, hingga "apapun" yang dikatakan atau diperintahkan oleh orang yang lebih tua harus diikuti. Dan apa yang dilakukan oleh orang yang lebih tua, tidak boleh dilawan, walau dipukul sekalipun. Dan beberapa orang yang merasa senior biasanya suka menunjukan identitasnya sebagai seorang senior dengan cara menendang atau memukul. Tidak semua seperti itu, namun secara tidak langsung beberapa dari mereka bercanda seperti itu dan terkesan seperti menunjukan bahwa dia adalah seorang senior.

- Lebay

Ya, entah karena apa, mereka terlihat sedikit lebay atau berlebihan. Mulai dari cara mereka mengekspresikan sesuatu, berbicara, memperagakan sesuatu hingga pakaian.
Dalam mengekspresikan sesuatu, mereka terkadang berlebihan. Jika ada seorang teman yang bercanda dengan pura-pura memukul atau mencubit, mereka berteriak dengan gaya yang lebay seakan itu pukulan itu mengenainya dan sakit. Apalagi jika ada senior atau orang yang lebih tua bercanda seperti itu.
Dan yang unik adalah jika mereka sedang memperagakan sesuatu, kebanyakan mereka akan memperagakannya dengan serius dan totalitas, sehingga terlihat berlebihan, namun ini membuat orang lain mengerti apa yang dimaksud melalui visual dibandingkan dengan bahasa verba. Lalu untuk pakaian, ada beberapa yang terlihat berlebihan. Namun yang dimaksud adalah ketika seseorang memilih berbagai jenis macam pakaian untuk digunakan, banyak yang memilih pakaian rapi dan formal. Tidak seperti di Indonesia yang memakai jas dan pakaian formal lain hanya untuk acara penting, namun disini pakaian formal dan rapi adalah baju yang dapat digunakan kapan saja sesuai keinginan.

- Agak Childish
Selain berlebihan orang-orang korea terlihat kekanak-kanakan/childish, agak sulit dijelaskan namun ini terlihat jika terjadi interaksi antara seseorang dan orang yang lebih tua, atau interaksi antar pasangan. Ini ada hubungannya dengan senioritas dan berlebihan/lebay seperti yang dijelaskan tadi. Sebagai contoh, jika seorang kekasih meminta sesuatu kepada pasangannya kebanyakan adalah meminta dengan memohon sambil menarik dan mendorong lengan baju secara berulang. Walau tidak semua begitu, hal ini banyak dilakukan orang-orang korea. Masih banyak contoh lainnya, namun sulit dijelaskan.
Karakter ini pun diakui seorang dosenku yang berasal dari Amerika bahwa orang-orang korea terkesan childish.

- Menyukai Pujian
Orang-orang korea menyukai pujian. Walau setiap orang di negara manapun menyukai pujian, disini berbeda. Mereka seakan menyukai melakukan pamer. Jika ada barang baru yang dibeli, terkadang mereka memberi kode secara tidak langsung kepada siapa saja bahwa mereka memiliki barang baru dan siap untuk menerima komentar dan pujian. Sebagai contoh, jika ada seseorang yang memiliki smartphone baru, ketika bermain game (bermain game online di smartphone lumrah bagi orang-orang korea, tidak memandang umur, bahkan kakek-kakek tua pun sering memainkannya, dan ini semacam rutinitas dan trend) mereka akan menjadi lebay dan berekspresi secara berlebih untuk mendapatkan perhatian dari orang sekitarnya yang akan bertanya-tanya apa yang dilakukannya dan fokus perhatian akan berpindah pada smartphone barunya.

- Gengsi
Ini sifat atau karakteristik yang mungkin terlihat sangat menonjol disini. Orang-orang disini seakan terlihat sangat gengsi untuk banyak hal. 

Itu beberapa karakteristik, sifat atau watak orang-orang korea berdasarkan pengamatan dan cerita beberapa orang asing yang berada di korea. Walau tidak semua memiliki sifat seperti itu, namun beberapa ciri khas diatas mewakili sifat orang-orang korea.
Postingan ini ditulis adalah untuk mengungkapkan apa yang saya amati dan tidak bermaksud mendiskreditkan atau bertujuan negatif.
Terima kasih

10 comments:

  1. Gomapsumnidha chinguya...
    Cuma mau tanya apakah orang korea itu friendly?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sangat friendly, apalagi kalau seumuran.. mereka mudah sekalai untuk akrab dengan orang baru.

      Delete
    2. Mereka sangat friendly, apalagi kalau seumuran.. mereka mudah sekalai untuk akrab dengan orang baru.

      Delete
  2. Mau tanya apa dikorea ada banyak peraturan, dan peraturannya harus diikuti....??

    Dan postingannya bagus dan menarik

    ReplyDelete
  3. Mau tanya apa dikorea ada banyak peraturan, dan peraturannya harus diikuti....??

    Dan postingannya bagus dan menarik

    ReplyDelete
  4. Apakah pria korea peceburu
    Apakah sifat mereka keras terhadap pacar, bagaimana klo kita byk bicara dgn pria korea

    ReplyDelete
  5. Apa yg akan terjadi kalo kita putus hubungan tidak secara baik2 dengan pria korea?apakah mereka tipe pendendam secara umum?makasih 😊

    ReplyDelete
  6. Iyaa.. korea childish,.. tp q suka, q juga childish anaknya, dri dulu,. Dri sejk blom tau kpop

    ReplyDelete